Buku : GORESAN PENA PEMIMPIN MUDA

 



 Judul    :  Goresan Pena Pemimpin Muda

Penulis : Alfian Risandi, dkk
Tebal halaman: 328 halaman
Ukuran buku : 15 x 23,5 cm
ISBN ; ( Masih dalam proses)
Genre : Opini
Penerbit: Pakalawaki Penerbitan dan Percetakan
Harga  : -
Website: www.penerbitpakalawaki.com

==========================================================




PKM (Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa) Tahun 2022 : MENCIPTAKAN PEMIMPIN YANG UNGGUL DENGAN PENGUATAN LITERASI MODERASI BERAGAMA DI ERA SUPREMASI DIGITAL

 

Alvian Risandi

Ketua Dema IAIN Bone Masa Khidmat 2022/2023 Selaku Pelaksana PKM (Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa)

 

            Puji Syukur, Kami panjatkan Kehadirat Allah subehana wa ta’ala sang  Penguasa dunia dan  seisinya, yang menciptakan langit tanpa tiang dan menciptakan gunung-gunung yang menjulang tinggi tanpa pondasi, hanya kepadanyalah segala makhluk yang ada didunia ini bersimpuh, bersujud dan bersyukur. Sehingga kami bisa menyelesaikan agenda pelatihan kepemimpinana mahasiswa (PKM) 16-19 Oktober 2022.

            Covid-19 yang disinyalir mulai mewabah 31 Desember 2019 dikota wuhan provinsi hubei tiongkok, pada tanggal 11 maret 2020 WHO menetapkan wabah ini sebagai pandemic global. Tidak terkecuali di Indonesia juga terjadi pandemi ini yang memaksa pemerintah menerapkan Physical distancing, pembatasan social berskala besar  (PSBB), himbauan untuk mengerjakan aktifitas di dalam rumah masing- masing. Hal ini tidak terkecuali berdampak pada Pendidikan khususnya pada perguruan tinggi, yang harus berpikir keras untuk bisa beradaptasi dengan kondisi ini. Terlebih mahasiswa dituntut untuk melakukan akselerasi dan penetrasi dalam hal pemahaman dan penguasaan teknologi komunikasi dan informasi  dewasa ini.

            Setiap rangkaian kejadian yang terjadi pasti mempunyai  sebuah dampak positif, yang mana dengan kejadian covid ini, suda kita rasakan Bersama, bagaimana begitu signifikan manfaat yang dihasilkan dalam pengelolaan teknologi tersebut dalam situasi ini. Pada hari ini kita katakana kita sudah masuk dalam revolusi industry 4.0 dan akan menuju era society 5.0 yang mana kita harus dibekali kemampuan dan metode baru sehingga kita tidak tertinggal oleh cepatnya perubahan zaman. Percepatan perubahan dewasa ini memaksa mahasiswa mengembangkan skill yang mampu menunjang penyersuaian zaman dimana kita hidup, dengan penguatan literasi digital diharap mampu menyesuaikan diri yang mana tahun-tahun selanjutnya lebih banyak menerapkan sebuah skill penggunaan alat digital. Inovasi dan kolaborasi menjadi kunci mahasiswa agar mampu bertahan dan beradaptasi.

            Berbagai macam metode yang diterapkan didalam pelaksanaan PKM tahun ini seperti metode diskusi, metode ceramah, metode presentasi, studi kasus atau studi lapangan, dan outbound tidak lupa disematkan, diharapkan dengan penerapan berbagai metode tersebut materi-materi mampu untuk disampaikan dengan efektif dan efisien, guna menyiapkan dan menciptakan pemimpin-pemimpin yang unggul dengan bewawasan ke-islaman dan ke-indonesia-an yang mampu mengembangkan keterampilan ke-organisasian dan kepemimpinanan yang menuangkan nilai-nilai moderasi beragama  baik dalam memimpin dirinya begitu pula memimpin orang lain.

            Penguatan wawasan moderasi dianggap penting, moderasi adalah isi yang seksi belakangan ini yang sering kali diperbincangkan terlebih lagi kementrian agama pada tahun ini menggenjot keras percepatan penyebar luasan pemahaman moderasi beragama, Penguatan pemahaman moderasi beragama merupakan salah satu solusi untuk terbaik saat ini dalam mengantisipasi konflik di negara yang memiliki keragaman seperti Indonesia. Seyoganya mahasiswa yang merupakan agrnt of social control dan agen of change menjadi orang yang paling tepat dalam menggiring  gelombang wawasan moderasi ini, dikarenakan mahasiswa merupakan calon pemimpin masa depan yang diharapkan mengisi peradaban baru dengan mengkomparasikan kepemimpinannya dengan nilai-nilai moderasi.selaras dengan ini seorang pemimpin harus senantiasa melakukan inovasi dan kreatifitas guna menunjang kridibilitasnya selaku pemimpin masa depan. Lahirnya pemimpin yang demikian sangat dibutuhkan demi menjawab tantangan zaman dan dapat membaca peta global.

            Perubahan- perubahan di banyak bidang menimbulkan banyak dampak yang terjadi, ada dampak negative dan dampak positif terhadap sebuah bangsa dan tidak terlepas dari para pemimpin yang mengelolanya. Perubahan dramatis yang tidak pernah terduga-duga ini mengakibatkan adanya tuntutan untuk pemimpin bagaimana kemudian mereka mampu mengantisipasi semua hal perubahan itu. Tentunya dengan perubahan yang cepat ini pemimpin nantinya haruslah mereka yang mempunyai pandangan yang luas, kreatif tidak menaruh ketakutan dan suka dengan ide-ide baru, mempunyai visi dan iangin senantiasa belajar.

            Banyaknya sudut pandang dinamika perubahan-perubahan yang terjadi pada era sekarang ini baik perubahan dalam bidang teknologi begitu pula dalam perubahan tatanan masyarakat yang makin hari makin menyulut perbedaan, bukan cuman perbedaan agama namun sudah ada pada tatahapan diskursus persoalan aliran dalam agama khususnya dalam agama islam. Dengan berbagai kemunculan dinamika tersebut dianggap penting untuk melaksanakan agenda pelatihan kepemimpinan mahasiswa (PKM) dengan Output menciptakan kepemimpinan yang berintegritas , berkomitmen kebangsaan tinggi, moderat dalam beragama, terampil dalam menganalisis social, mapan dalam mengaplikasikan teknologi dan diharapkan nantinya menjadi pemimpin dari masing-masing lembaganya, terlebih lagi untuk menjadi pemimpin masa depan yang ideal. Oleh karena itu, saya mewakili sahabat-sabat pengurus DEMA-I IAIN BONE masa khidmat 2022/2023 mengucapkan banyak terimah kasih kepada para pihak terkait yang telah turut serta dalam suksesi agenda ini, terutama pihak fasilitator ( sahabat senior Hasnidar Yuslin S.E., M.E., sahabat senior sulkarnain S.Pd.I., M.Pd.i., sahabat senior Haeril Aswad S.Pd.i, M.Pd.i., sahabat senior Muh. Faisal S.H., sahabat senior Idris S.H.,) dan Sahabat-sahabat senior yang senantiasa membimbng dan memberikan masukan kepada kami. Semoga Allah SWT membalas dengan lebih. Semoga segala aktifitas kita dimudahkan Oleh Allah SWT. Amin.





Komentar