ETNOASTRONOMI dan SCIENTIA RELIGIUSITAS ISLAM Khazanah Tradisi Ilmiah dalam Peradaban Sulawesi Selatan



                                                             =====================

Judul : 

ETNOASTRONOMI

dan SCIENTIA RELIGIUSITAS ISLAM

Khazanah Tradisi Ilmiah dalam Peradaban Sulawesi Selatan

Penulis:



FATHUR RAHMAN BASIR

MUH. RASYWAN SYARIF


Tata Letak:
Hasbullah

Desain Sampul:
Ismail HM

Penerbit:
Pakalawaki Penerbitan dan Percetakan
Tahun Terbit:
Tahun 2023

===================

KATA PENGANTAR

PENULIS PERTAMA

 

Bismillahirrahmanirrahim, segala puji atas rahmat Allah swt. Tuhan semesta alam, berfirman “Sesungguhnya dalam pernciptaa langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal”. Shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai Hudan Lil Ummatin yang membawa risalah Iqra dan menjadi pelita dalam berpikir dan ber­­-tadabbur.

Segala nikmat syukur tercurahkan bagi penulis dapat menyuguhkan tulisan yang berjudul ETNOASTRONOMI dan SCIENTIA RELIGIUSITAS ISLAM (Khazanah Tradisi Ilmiah dalam Peradaban Sulawesi Selatan). Buku ini merupakan sebagian dari hasil-hasil tulisan penulis yang termuat dalam rubrik opini koran, kemudian diramu menjadi Esai-Esai Astronomi.

Penulis mempersembahkan buku ini khususnya kepada kedua orang tua saya, Bapak Muh. Basir Syah, dan Alm. Ibu saya Dra. Waliani Idris Adam yang sangat cintai. Saya juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang senantiasa memberikan dukungan penuh terhadap eksplorasi kebudayaan astronomi Sulawesi Selatan dan juga selalu memberikan sarana prasarana bagi para penulis muda lokal yang ada di Sulawesi Selatan.  Untuk kepada seluruh aspek yang terlibat dalam penulisan dan penerbitan Buku ini khususnya Bapak Muh. Rasywan Syarif, serta kepada penerbit yang memberikan support hingga buku ini dapat sampai ditangan pembaca. Semoga senantiasa menjadi amal jariyah dan diridhai oleh Allah swt.

Buku ini mambahas dua kajian utama, yaitu etnoastronomi dan astronomi Islam. Bahasan pertama, buku ini hadir sebagai representatif kebudayaan astronomi yang diintegrasikan memalui pendekatan sains Islam. Buku ini ditulis sebagai upaya ijtihad saintifik modern dalam menelaah beragam pengetahuan dan simbolik etnoastronomi masyarakat Sulawesi Selatan. Seperti yang terlihat pada judul buku, buku ini merupakan catatan tentang Khazanah Tradisi Ilmiah dalam peradaban Sulawesi Selatan.

Dalam bidang ini, kebudayaan astronomi Sulawesi Selatan dapat berinteraksi dan berdialektika dengan perkembangan zaman melalui dimensi kegamaan. Sejarah mencatat, bahwa keunggulan dari pengetahuan astronomi dan astrologi masyarakat Sulawesi Selatan sungguh menakjubkan dan lebih dari itu merupakan hasil dari manifestasi ketauhidan, bahwa semuanya memiliki satu kesatuan yang utuh, yaitu Dewata’ SeuwaE’ Allah swt.

Bahasan kedua, mengkaji tentang problematika Astronomi Islam, seperti isu-isu urgensi arah kiblat, dan pro-kontra awal bulan kamariah yang seringkali menimbulkan perbedaan pemahaman dan penafsiran, mulai dari pemikiran klasik hingga modern. Tanpa kita sadari, persoalan bukan hanya persoalan keyakinan semata, tapi umat muslim diwajibkan mengikuti perintah Allah swt. melalui al-Qur’an dan Hadits yang diinterpretasikan melalui metodologi pendekatan sains.

Harapan penulis, kehadiran buku ini dapat membuka paradigma baru bagi para generasi muda, dengan mengangkat nilai kebudayaan astronomi Sulawesi Selatan yang dapat menjadi pilar nilai-nilai kearifan bagi masyarakat lokal, nasional, hingga internasional. Nun, wa al-Qalam, wa Ma Yasthurun, Wa an-najm Idwa Hawa.

 

 

Makassar, 1 Safar 1445 H/

                   17 Agustus 2023 M

                                                            

                                         Penulis,

 

 

 

                 Fathur Rahman Basir

Komentar