Arwan Tjahjadi Mengalir dari Pengusaha ke Politisi

 


 =====================

Judul : 
Arwan Tjahjadi Mengalir dari Pengusaha ke Politisi

Penulis:
Eddy Thamrin, Yudhistira Sukatanya, Shaifuddin 

Pemeriksa Aksara:
Dewi Ritayana 

Proof Reading:
Evan Muhammad Royhan 

Tata Letak:
Muh. Syakir Fadhli

Desain Sampul:
Maysir Yulanwar 

Penerbit:
Pakalawaki Penerbitan dan Percetakan

Tahun Terbit:
2023

Dimensi Cetak:
13.5 x 20 cm

===================

Ada hal menarik dalam diri Arwan Tjahjadi yang perlu diapresiasi yakni kebersediaan untuk berbagi cerita masa lalu, kini dan masa depan. Pernyataan ini mungkin terkesan biasa dan wajar saja tapi sesungguhnya ini hal yang langka bagi seorang turunan Tionghoa peranakan di Makassar. Tak banyak yang bersedia membuka diri untuk dikenali sisi dalam kepribadiannya.

Keberadaan masyarakat Tionghoa peranakan sesungguhnya tak bisa dipisahkan dari perkembangan sejarah kota Makassar. Riwayatnya telah berlangsung sejak kehadiran diaspora leluhur mereka ketika menjalin hubungan dagang dengan Kerajaan Gowa-Tallo sekira abad ke-16. Interaksi sosial tersebut sudah berlangsung sepanjang ratusan tahun dan oleh sebab itu telah terjadi proses kawin-mawin dan akulturasi budaya yang rekam jejaknya berlangsung hingga kini. Proses kawin-mawin itulah yang jadi cikal masyarakat Tionghoa peranakan

Tak pelak, telah terekam sejarah tentang turunan Tionghoa peranakan dari generasi ke generasi yang terlibat langsung dalam segala aktivitas sosial, ekonomi, budaya, olahraga hingga politik. Interaksi masyarakat tersebut selanjutnya menghadirkan tokoh-tokoh atau sosok penting orang Tionghoa peranakan di kota Makassar yang majemuk.

Komentar