Monografi Kualitas Pelayanan Menuju Kepuasan Mahasiswa dalam Memilih Perguruan Tinggi



===================

Judul:
Monografi Kualitas Pelayanan Menuju Kepuasan Mahasiswa dalam Memilih Perguruan Tinggi

Penulis:
Serlin Serang, Suriyanti

Tata Letak:
Muh. Syakir Fadhli

Desain Sampul:
Shakiru Daichi

Penerbit:
Pakalawaki Penerbitan dan Percetakan

Tahun Terbit:
2024

Dimensi Cetak:
16 x 24 cm

===================

 

Alhamdulillah, dengan memuji kebesaran Allah SWT, dan atas kehendak-Nya pula akhirnya monograf “Kualitas Layanan Menuju Kepuasan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi bisa diselesaikan dan diterbitkan. Buku ini disusun berdasarkan hasil penelitian dengan topik yang sama yang dilakukan penulis tahun 2018.

                Buku monograf ini berisi enam bab, dimulai dari bab satu berisi tentang Kualitas Pelayanan, bab dua berisi tentang Kepuasan Pelanggan, bab tiga berisi kerangka konsep dan hipotesis, bab empat berisi Gambaran Umum Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI, bab lima berisi tentang Hasil Penelitian Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI dan bab enam berisi tentang Simpulan dan Saran.

                Hasil penelitian membuktikan bahwa kepuasan mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang terdiri dari Bukti fisik, Kehandalan, Daya tanggap. Jaminan, dan Empati. Bukti fisik adalah faktor dari kualitas pelayanan yang dominan mempengaruhi kepuasan mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi.

Berdasarkan simpulan hasil penelitian maka disarankan masih perlu meningkatan Fasilitas Toilet, ruang kuliah dan tempat parkir mahasiswa. Variabel jaminan juga masih perlu perhatian atau ditingkatkan karena jaminan mempunyai pengaruh yang paling kecil terhadap kepuasan mahasiswa. Perlu meningkatkan tampilan dosen dalam mengajar dan memberikan pelayanan kepada mahasiswa. Begitu pula variabel lainnya, akurasi layanan, daya tanggap dan empati juga perlu perhatian atau ditingkatkan walaupun memberikan pengaruh positif dan signifikan.

Kami berharap kepada para pembaca pada umumnya dan para mahasiswa pada khususnya bisa lebih memahami pentingnya kualitas pelayanan agar mahasiswa puas dalam memilih perguruan tinggi. Semoga buku monograf ini dapat dijadikan sebagai sumber referensi tambahan untuk mempelajari pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah membantu dalam penerbitan buku ini. Semoga dengan bimbingan Allah SWT, buku monograf ini dapat bermanfaat untuk perkembangan ilmu Manajemen.

Makassar, Agustus 2022

 

 Penyusun


Komentar