Kala Akhlak Masih Dipegang Teguh Gen Z

 


     =============================================

Judul    : Kala Akhlak Masih Dipegang Teguh Gen Z

Penulis : Tina Bani Saleha, dkk

Desain Sampul & Tata Letak  : Damar I Manakku
Tebal halaman: 127 halaman
Ukuran buku : 14,8 x 21 cm
ISBN ; ( Masih dalam proses)
Genre : Pendidikan
Penerbit: Pakalawaki Penerbitan dan Percetakan
Harga  : -
Website: www.penerbitpakalawaki.com

====================== ===================================

KATA PENGANTAR

 

          Bagaimana pandanganmu tentang akhlak islam di zaman sekarang ini? Tentu banyak yang memiliki persepsi masing-masing. Di era perseberan informasi yang sangat luas dan dapat dijangkau oleh siapapun dan dimanapun tentu merupakan tantangan bagi Gen Z untuk memilah informasi yang baik dan bersifat faktual, salah-salah remaja bisa terjebak dan terperosok ke jurang yang tidak diinginkan. Apakah kita sudah termasuk Gen Z yang masih berpegang teguh dengan akhlak mulia? Mari ikut merenung Bersama buku ini.

          Terlebih dahulu kami mohon maaf sebesar-besarnya. Isi buku ini jauh dari maksud untuk mengajarkan, apalagi menggurui. Semuanya ditulis berdasarkan apa yang di rasakan, sesalkan, bahkan seharusnya dilakukan, namun kami masih jauh dari yang diharapkan.

          Gen Z sesungguhnya senantiasa memiliki peranan penting dalam mengatur konsep kehidupan dan masalah-masalah yang terjadi pada orang lain. Tetapi akhlak yang berkarakter untuk zaman sekarang bisa dikatakan belum terealisasi dengan baik.

          Akhlak adalah suatu konsep yang berkaitan dengan pendirian seseorang terhadap nilai-nilai dan norma-norma islam. Manakala akhlak adalah suatu perkara yang mengesankan kebenaran untuk orang lain. Manakala akhlak adalah suatu agama yang bermaksud sebuah pertimbangan karena dalam setiap perkara seseorang harus memiliki akhlak dan berpikiran jernih. Akhlak tidak lain adalah kehidupan yang diperuntukkan untuk membawa manusia ke jalan yang baik dan membawa keselamatan. secara garis besar dikenal dua jenis akhlak; yaitu akhlaq al karimah (akhlak terpuji), akhlak yang baik dan benar menurut syariat Islam, dan akhlaq al mazmumah (akhlak tercela).

          Dalam buku ini akan membahas tentang akhlak mulia dalam pandangan masyarakat, akhlak terhadap orang tua, akhlak berbangsa dan bernegara, akhlak mulia dalam kehidupan dan bagi remaja, akhlak muslim dalam menggunakan media social, bagaimana prinsip-prinsip akhlak dalam islam, adab dan akhlak seorang muslim, bagaimana pola asuh orang tua dalam pembentukan akhlak islam pada anak, akhlak muslim dalam menggunakan media social, dan bagaimana akhlak islam dalam bisnis.

          Bersyukurlah jika kita sudah menjadi Gen Z yang berakhlak mulia dan masih memegang teguh akhlak di dalaDm jiwa kita. Namun bagaimana jika seandainya yang terjadi adalah sebaliknya? Hanya ada dua pilihan Rubah diri atau terjebak? Kalau tidak dirubah diri kita menjadi yang lebih baik lagi, maka dapat dipastikan bahwa kita akan terjebak dalam hal yang tidak kita sangka dan kita tidak inginkan sebelumnya. Naudzubillah

          Mudah-mudahan, kita semua bukan termasuk ke dalam yang terjebak dalam perkembangan zaman yang semakin pesat dan tidak masuk akal ini. Semoga tempat kita kelak adalah Jannah-Nya. Aamiin ya rabbal’alamin. Maka dari itu mulai saat ini kita instropeksi diri kita agar memiliki akhlak yang lebih baik lagi.

 


Komentar